Persiapan Akreditasi, Prodi IQT Laksanakan Simulasi


Dalam rangka persiapan akreditasi program studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir yang akan dilaksanakan pada semester genap 2020, Institut Pesantren KH Abdul Chalim melaksanakan simulasi akreditasi BAN-PT yang dilaksanakan pada 08 Februari 2020, bertempat di rektorat kampus IKHAC Pacet Mojokerto.

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Institut Pesantren KH Abdul Chalim dan para Wakil Rektor, Pengasuh yayasan Prof. KH. Asep Saifuddin Chalim, MA, Dekan Fakultas, Kepala Program Studi dan juga dosen masing-masing prodi dan para civitas akademik, simulasi ini mendatangkan Prof. Dr. Agus Mulyana, M. Hum salah seorang asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Simulasi ini bertujuan untuk mengecek dan mengevaluasi kesiapan program studi untuk memenuhi standar BAN PT. Mulai dari cara pengisian borang, pengadaan bukti fisik hingga persiapan mental ketika menghadapi assesor beliau sampaikan dalam kesempatan ini.

“simulasi seperti ini membuat kami lebih paham tentang proses akreditasi prodi sehingga kami pun bisa prepare sejak awal.” Tutur Kaprodi IQT.

Dimulai sekitar jam 13.00 hingga 19.30 Prof. Agus membaca dan mengecek kelengkapan dokumen borang dengan data yang tersedia, disela-sela itu Prof. Agus memberi kritik dan saran terkait kelengkapan borang, penyambutan asessor, perlengkapan yang harus dipenuhi, hingga kelemahan ataupun kekurangan tersebut dapat disempurnakan dengan waktu yang masih tersisa. (Dhur Anni)